hm.. mo nyari apaan?

Memuat...

ke beranda?

Rabu, 11 Agustus 2010

Bunuh Diri dan Arwah Gentayangan

Bunuh Diri dan Arwah Gentayangan

Artikel ini berkaitan dengan pertanyaan seorang teman beberapa waktu yang lalu. Bunuh diri adalah perbuatan yang tidak diridloi Islam. bahkan Islam mengharamkan bunuh diri. Tindakan itu adalah perbuatan orang yang putus asa dan kurang memiliki tingkat keimanan, sehingga solusi yang terpikirkan hanyalah mengakhiri nyawanya sendiri. Namun bahwa adanya arwah yang gentayangan lantaran belum diterima di alam kubur, tentu saja tidak benar. Cerita itu sebenarnya hanya omongan dari mulut ke mulut lalu difilmkan pada masa lalu, kemudian menjadi tontonan masyarakat yang kurang mendidik. Arwah gentayangan itu hanya akal-akalan pembuat cerita horor, baik penulis naskah ataupun komoditas perusahaan film.

Dilihat dari sudut pandang aqidah Islamiyah, sesungguhnya kita tidak mengenal ruh orang meninggal yang bergentayangan. Sebab ruh itu kembali kepada Allah dan tidak lagi berkeliaran di bumi setelah dicabut dari jasad seseorang. Dia tidak bisa menampakkan diri, menakut-nakuti anak-anak atau membalas dendam yang terbawa mati. Ruh orang yang mati tidak sempat gentayangan, sebab dia harus menjawab banyak pertanyaan dari malaikat, serta menunggu di alam barzakh untuk mempertanggung-jawabkan semua amalnya.

Tidak ada riwayat yang mengatakan bahwa ruh itu kembali ke alam dunia dan berinteraksi dengan manusia yang masih hidup. Apalagi gentayangan dan membalas dendam seperti di film horor. Semua itu hanya karangan belaka. Kalaupun ada, maka tidak lain adalah jin yang merupakan makhluq Allah juga menyamar menyerupai orang yang sudah mati. Oleh jin, suasana itu lalu didramatisir sedemikian rupa untuk menakut-nakuti orang. Intinya agar orang-orang itu percaya dan memberikan sesajen, sesembahan atau apaun yang dimintanya. Jin mampu berubah wujud, namun tidak sempurna seperti malaikat yang mampu berubah wujud dengan bentuk yang sangat sempurna. Dalam riwayat hadits disebutkan ketika Jibril as mendatangi Rasulullah SAW dan para shahabatnya dengan menerupai manusia, rambutnya sangat hitam dan bajunya sangat putih, wajahnyaberseri dan tidak nampak datang dari perjalanan jauh. Padahal dia bukan orang setempat dan tidak seorangpun mengenalnya.

Dalam kisah Nabi Yusuf, para wanita Mesir yang terkesima dengan wajah Nabi Yusuf berkomentar bahwa dia bukan manusia, tetapi adalah malaikat. Artinya, malaikat memang punya kemampuan berwujud manusia dengan bentuk yang sangat sempurna. Jin memang punya kemampuan melakukan perubahan wujud meski tidak pernah bisa sempurna. Karena itu dari cerita yang sering kita dengar, penampilan 'hantu' selalu menyeramkan, mungkin tidak berkepala, tidak berkaki atau gosong sebelah dan sebagainya. Ujung-ujungnya jelas perbuatan musyrik. Ini adalah kerja favorit bangsa jin yang kafir. Menyesatkan dan menjerumuskan manusia ke dalam kemusyrikan. Memang terdapat keterangan bahwa ruh yang telah berpisah dari jasad itu selama di alam kubur menunggu hari kiamat akan dapat menyaksikan keluarganya di alam nyata ini. Bahkan mereka akan ikut bergembira bila keluarganya itu berbuat kebajikan dan akan bersedih bila melakukan kejahatan dan kemungkaran.
Bila ada penampakan atau gangguan, sebenarnya bukan arwah saudara anda, melainkan jin yang membonceng memanfaatkan dan mempermainkan rasa takut anda sekeluarga. Jin dan sebangsanya takut dengan ruqyah syar'iyah. Lakukanlah ruqyah yang sesuai dengan syariah sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Insya Allah makhluk-makhluk halus itu akan kocar kacir ketakutan. Setelah itu, sinari rumah itu dengan selalu membaca Al-Qur'an Al-Kariem, insya Allah jin jahat tidak berani mengganggu lagi.

8 komentar:

  1. trimakasih bro info nya
    jazzakallah

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. wah nais ;)
    aku juga baca di buku kalo kita takut sama jin ntar dianya malah mau ngejailin kita. ogah deh.
    tapi gmn cara biar ga tkut ?

    BalasHapus
  4. bagussss..
    tapi walohualam, hanya Allah yg tau itu :)

    BalasHapus
  5. istiqomah lah sama allah... smua takut sama allah gan

    BalasHapus
  6. ia bnar... allah mngtahui sgala ssuatau

    apapun yang trjadi ada hikmah dan tujuan Allah

    BalasHapus
  7. iyah sip sip makasih :)

    BalasHapus

Mohon Komentar nya ya.. jazzakallah